6 permainan tradisional anak indonesia yang mulai terlupakan

6 permainan tradisional anak indonesia yang mulai terlupakan-Permainan tradisional anak indonesia pada saat ini bisa dibilang hampir punah. Terutama anak-anak yang tinggal di kota besar. Sejak kecil,bahkan balita. Mereka diperkenalkan oleh orang tua mereka gadget atau handphone mewah.Dengan memperkenalkan anak anda gadget sedari kecil,ketika dewasa nanti mereka akan malas  untuk berinovasi. Karena mereka tahu kalau dengan menggunakan gadget,semua bisa diatasi. Dan jika ada Tugas dari guru mereka. Mereka hanya bisa mengandalkan Internet. Oleh karena itu dampak memberikan gadget kepada anak anak sedari kecil akan membuat mereka menjadi manja dan tidak mendorong mereka untuk mandiri.

Untuk mainan,sebaiknya anda memberikan permainan tradisional berikut,untuk mengasah kemampuan mereka,dan tidak perlu biaya mahal untuk membelinya,Jika masih dijual mainan-mainan ini tidak sampai mencapai harga yang mahal seperti mainan modern lainya. Nah berikut merupakan 6 permainan tradisional anak Indonesia,yang turun temurun di mainkan dari sejak dulu :

1.Layang-Layang
layang layang

Permainan tradisional seperti layang-layang saat ini bisa dibilang hampir jarang anak-anak yang memainkan nya. Mungkin salah satu alasanya adalah berkurangnya Tanah lapang untuk bermain layang-layang ini. Karena bermain layang-layang membutuhkan keuletan dan tenaga untuk berlari saat ingin menaikkan layang-layang. Tanah-tanah yang dulunya lapang atau kosong menjadi bangunan-bangunan megah,dibangun menjadi ruko,toko,pabrik dan sebagainya menjadi salah satu alasan mengapa anak anak zaman sekarang mungkin kurang meminati permainan ini.

2.Gansing.
gansing

Permainan tradisional seperti gansing tidak hanya dimainkan oleh anak anak,namun orang dewassa juga bisa memainkan nya. Permainan ini sangat populer dulu pada tahun 90-an. Selain memacu adrenalin sang pemain. Bermain gansing juga melatih kesabaran anak. Karena nya gansing sangat digemari dulu pada saat masa kejayaan nya.

3.Congklak.
congklak

Permainan congklak merupakan permainan yang cukup menarik dan unik. Karena pemainan ini menggunakan media kayu yang sudah dibolongi menjadi tempat menaruh wadah untuk batu atau benda apapun yang bisa dijadikan sebagai bahan permainan. Permainan ini melatih anak untuk berfikir cepat dan kreatif,karena pada permainan ini pemain diharuskan membagi satu persatu isi dari biji yang berada dalam satu lubang pada wilayah pemain untuk membaginya ke seluruh lubang sampai habis. Permainan ini bisa dimainkan dimana saja dan kapanpun,walaupun media kayu tidak ada,kita juga bisa menggunakan lantai yang dibentuk dengan lingkaran dari kapur,dengan begitu kita tidak perlu membeli atau membayar mahal untuk sebuah permainan

4.Petak Umpet.
petak umpets

Permainan petak umpet merupakan salah satu permainan paling digemari anak-anak. Mungkin sampai sekarang masih ada tersisa anak-anak yang dikenalkan oleh orangtua nya permainan yang simpel dan tidak membutukan barang atau bahan apapun untuk memulai permainan. Cukup dengan membalikkan diri di tembok bagi yang menjadi sang pencari. Dan bagi yang bersembunyi bisa bersembunyi dimana saja,asalkan tidak ketahuan si pencari. Permainan ini sangat menarik dulu pada saat masa kejayaan nya. Tapi dengan adanya teknologi dan gadget yang diperkenalkan semenjak kecil oleh orang tua anak. Maka permainan ini sudah jarang terlihat lagi di kalangan anak-anak. walaupun masih ada beberapa yang masih memainkan nya.

5.Bola bekel.
bola bekel

Permainan bola bekel ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan. Dengan menggunakan media bola kecil transparan yang bisa memantul. Cara bermain bola bekel ini cukup simpel dan mudah. Pemain cukup memantulkan bolanya dari lantai sambil mengambil biji keong,batu atau sejenisnya untuk diambil satu per satu,jika sudah diambil semua,maka pemain harus mengambil semua biji batu secara bersamaan. Jika berhasil maka pemain dikatakan sebagai pemenang.

6.Kelereng.
kelereng

Permainan kelereng ini biasanya dimainkan oleh anak laki laki. Karena tempat bermain harus di lapangan,dan kotor kotoran.Oleh karena itu jarang anak perempuan yang memainkan nya. Bermain kelereng membutuhkan ketepatan dan kekutan tangan untuk menembak kelereng yang satu dan yang lainya,hingga berbenturan.

Nah,demikianlah beberapa permainan tradisional anak-anak Indonesia yang sudah mulai terlupakan. Semoga beberapa tahun kedepan permainan-permainan tradisional ini masih tetap ada dan turun temurun di turunkan oleh generasi Tua ke Generasi muda berikutnya. Untuk menjaga budaya Indonesia yang sudah mulai terkikis oleh teknologi zaman sekarang.
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
klik disini
admin
11 December 2014 at 07:07 ×

memang masih banyak permainan yang terlupakan ketika kecil, sangat bagus sharenya udah mengenalkan permainan waktu kecil biar tetap dilestarikan oleh anak anak sekarang apalagi ada gatget atau handpone yang lebih mudah dan praktis.

Reply
avatar
Unknown
admin
11 December 2014 at 19:53 ×

Yups,bener banget gan,,permainan anak anak seperti di dalam artikel harusnya dilestarikan sampai sekarang dan sampai ke generasi berikutnya,tapi sayang kehadiran gadget telah membuat para anak2 menjadi gengsi untuk bermain permainan tradisional

Reply
avatar
Arep
admin
11 December 2014 at 21:16 ×

wah artikel keren, jadi kita harus lebih banyak main mainan tradisonal supaya gk punah.

:D

Reply
avatar
Unknown
admin
11 December 2014 at 21:26 ×

Bener banget gan,dengan bermain permainan tradisional,juga membantu melestarikan budaya kita,budaya Indonesia :D

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon