Cara mengatasi laptop mati sendiri

Cara mengatasi laptop mati sendiri - Laptop atau komputer kita mungkin sering mengalami masalah mati sendiri. Ada beberapa hal yang menyebabkan mati sendiri pada laptop anda. Mungkin salah satunya karena  overheat. Apakah itu overheat?. Overheat pada laptop atau komputer adalah panas yang berlebihan pada laptop/komputer anda,sehingga menyebabkan komputer/laptop anda menjadi lemot/lambat. Jika terus menerus terjadi seperti ini. Tentu saja umur laptop anda tidak akan lama lagi. Karena jika terlalu sering overheat. Komputer/laptop kinerjanya akan menjadi berkurang dan bisa saja laptop anda akan mengalami kerusakan parah pada bagian dalamnya.

Untuk membantu anda dalam mengatasi laptop yang mati sendiri. Anda bisa mengurangi daya baterai untuk menghemat energi dan mengurangi daya listrik yang di hasilkan laptop anda saat mengecas. Dan untuk lebih jelasnya,perhatikan cara berikut :

1.Masuk ke control panel anda. Dan klik "view by" pada pojok kanan atas.
Control panel

2.Kemudain Pilih "Power Options".

Power options

3.Jika sudah, Pilih mode balance. Pada mode ini,komputer/laptop anda akan bekerja secara seimbang dan tidak terlalu banyak menggunakan listrik. Kemudian pilih change plan settings.

Balance mode battery

4.Pada plan setting,setting baterai. Klik "Processor power management". dan pilih Maximum Processor rate.

  • pada On battery (%) pilih : 50 %.
  • pada plugged in pilih : 50 %. 

Keterangan :

Pada On battery(%) :saat tidak mengecas,jika tidak untuk melakukan kegiatan seperti nge game dan menjalankan aplikasi atau software yang bisa memakan ram dan membuat overheat seperti rendering pada adobe after effect dan premiere. 

Pada On plugged in :  untuk lebih menghemat energi saat anda menggunakan laptop sangat disarankan untuk memilih mode 50% saat mengecas. karena saat mengecas. jika laptop melakukan kegiatan seperti rendering dan maen game,maka laptop akan mudah panas dan menjadi overheat. Oleh sebab itu jika anda tidak melakukan kegiatan tersebut,aturlah baterai ke mode balance.

5. Kemudian yang terakhir klik oke.

Power reduce


Nah,demikianlah cara-cara untuk mengatasi laptop yang sering overheat. Laptop overheat karena disebabkan,kita terlalu memaksakan laptop/komputer pada kegiatan yang tidak bisa diatasi oleh laptop/komputer itu sendiri. Lebih tepatnya kita melakukan pemaksaan pada Laptop kita sendiri. Jika anda masih sayang dengan laptop anda. Gunakanlah cara mudah dan simpel seperti langkah diatas. Otomatis laptop anda bisa terselmatkan. Setidaknya bisa mengurangi resiko overheat (Bagi yang belum mengalami overheat).
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
23 March 2015 at 08:22 ×

triknya keren, sangat membantu gan langsung sy praktekin nih

Reply
avatar
12 January 2016 at 00:32 ×

|o| info yang sangat bermanfaat, terima kasih.

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon