Tips memilih Distro Linux

Sebagai seorang pemula yang ingin berimigrasi ke Linux,ada beberapa pegangan yang harus dipilih dan dijadikan acuan untuk memilih banyaknya distro linux :

a.Ketersediaan
Kemudahan mendapatkan distro yang di inginkan. Apakah distro tersebut mudah di dapatkan? Apakah ada teman yang mempunyai distro Linux yang kebetulan bersedia meminjam? Jadi,ketersediaan ini artinya tidak perlu susah payah membeli distro di kota lain, atau gampang memperolehnya lewat internet.

b.Popularitas
Sebagai pemula pasti ingin mempunyai sesuatu yang tampil beda dari teman yang lain. Mungkin dalam pemilihan distro,anda cenderung memilih distro yang beda dengan lingkungan. Tapi sebelum melakukan haltersebut,pertimbangkan bahwa jika suatu saat nanti saat mengalami masalah dengan linux setidaknya Anda masih bisa bertukar dengan Lingkungan Anda yang berbeda distro. Walaupun semua Linux itu sama,tapi berita terbaru mengenai perkembangan masing masing distro,tidaklah sama. Karena itu,ada baiknya anda mengikuti mailing list atau komunitas para  Linuxer.

c.Kemudahan
Sebagai pemula,mungkin yang dicari adalah kemudahan dalam pengoprasianya. Orang akan mencari distro yang peng-oprasianya mudah seperti Windows,Jika anda ingin menjadikan linux sebagai primary OS,maka pilihlah distro yang memberikan kemudahan instalasi dan aplikasi aplikasi yang tidak kalah dengan Windows. Salah satu distro linux yang populer dan memenuhi syarat ini adalah Mandrake.

d.Dukungan
Apakah dukungan teknis maupun nonteknis tersedia untuk distro tersebut? Secara umum,semua distro Linux didukung oleh komunitas Linux. Namun untuk distro yang bersifat komersial akan ditambah dengan dukungan teknis dari vendor. Misalnya mandrake.

e.Kesesuaian dengan kondisi PC
Sesuaikan dengan kondisi hardware PC anda,jangan terlalu memaksakan melebihhi dari kemampuan PC,jika memori hardisk anda kecil,maka carilah distro yang kebutuhan hardwarenya cocok dengan kemampuan PC anda.

f.Kesesuaian dengan kebutuhan
yang dimaksud dengan kebutuhan disini adalah tujuan dilakukanya instalasi Linux. Misalnya,kalau hanya untuk router saja. maka anda tidak perlu susah mengisntalasi distro secara komplit. Juga Pilihlah distro yang khusus untuk keperluan router,seperti LRP(Linux Router Project).

Distro linux
Nah,demikian  tips dan trik memilih linux dari Capunkshare,semoga bermanfaat bagi kita semua,jangan takut untuk mencoba Linux ya,Linux tidak sesulit yang anda bayangkan kok,jika kita sudah terbiasa menggunakanya,maka anda akan merasa nyaman,sama seperti anda menggunakan Windows.

Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Dwi
admin
8 December 2013 at 01:41 ×

saya ga pake linux :( tapi makasih infonya ..

salam kenal, ditunggu follback blognya :p

Reply
avatar
Unknown
admin
8 December 2013 at 02:54 ×

Siip,makasi ya udah berkunjung :D

Reply
avatar
tes
admin
8 December 2013 at 21:14 ×

Nice info bro.
Tapi bagusnya penjelasannya bisa lebih luas lagi.
Misalnya untuk point e dan f .
Distro Linux yang sesuai dengan PC spesifikasi rendah tu seperti apa aja.
Trus Distro untuk keperluan jaringan tu cocoknya apa aja, perlu disebutkan.
Sekedar saran aja bro. :D

Reply
avatar
Unknown
admin
8 December 2013 at 22:58 ×

Thanks saranya gan,lain kali saya akan perjelas di postingan berikutnya :D

Reply
avatar
tes
admin
8 December 2013 at 23:26 ×

Yaps sama-sama..

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon