Pengenalan Linux dan sejarahnya

Pengenalan Linux

Akhir akhir ini Anda tentu sering mendengar tentang Linux. Linux dikatakan sebagai sistem operasi alternatif lantaran pemerintah telah menegakkan undang undang HAKI. Bagi kalangan TI menggunakan sistem operasi Microsoft Windows secara ilegal tentu dapat dituntut. Namun mengingat harga sistem operasi keluaran Microsoft yang di luar jangkauan masyarakat,kita masih tetap mendengar berita pembajakan. Bagi kalangan yang sadar hukum,hal ini harus dihindari. Sebagainya gantinya,Anda pun dapat beralih untuk menggunakan linux.

Linux merupakan sistem operasi nonkomersial. Anda dapat menginstalnya di komputer Anda tanpa ada yang akan menuntut. Kebebasan inilah yang dinamakan open source,Selain gratis,Linux juga menyertakan source code.

1.Sekilas Linux
Linux merupakan kependekan dari Linux Is Not Unix. Akronim yang memang sedikit aneh. Sebagai intro,Linux memakai logo pinguin. Konon Linus (pembuat kernel Linux) pernah digigit penguin di sebuah kebun binatang. Duni aLinux sangat aneh. Semua istilah dalam Linux merupakan istilah aneh. Contohnya GNU yang merupakan kependekan GNU's Not Unix. PINE kependekan dari Pine Is Not Elm.

Pada awalnya linux ialah sebuah kernel yang pertama kali dibuat di Universitas Helsinky,Finlandia oleh seorang mahasiswa 23 tahun bernama Linus Trovalds.Pada waktu itu komunitas mahasiswa di universitas tersebut menggunakan Unix sebagai sistem operasi pada PC mereka. Saat itu Unix hanya bekerja pada mainframe dan tidak men-support IBM PC. Karena keterbatasan dana,Linus kemudian membuat copy dari Unix yang diharapkan dapat bekerja di IBM PC. Karena keterbatasan dana,Linus kemudian membuat copy dari Unix dan dimodifikasinya,dia harap itu bekerja pada IBM PC.

Linus Torvald
Linus Torvalds pencipta Linux


2.Open Source
Secara bahasa jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia ialah keterbukaan kode. Kode disini berartikode program(source code). Open source ialah sebuah ide dimana semua program yang dibuat disebarkan secara luas kepada masyarakat sekaligus source code nya secara gratis. Perkembangan open source tidak lepas dari pesatnya perkembangan Linux. Linux adalah open source. Tidak ada istilah komersial untuk linux,yang ada hanyalah donatur atau penyumbang dana.

Keberadaan Linux akan tetap terus berkembang dengan open source nya.Kebanyakan aplikasi di Internet menggunakan aplikasi open source. Contohnya seperti Linux itu sendiri yang banyak diminati untuk membuat sebuah server.

3.Keuntungan Memilih Linux
a.Linux mudah di instal. Pasti banyak orang yang protes mengenai hal ini. Mitos umum mengatakan Linux sangatlah sulit untuk di instalasi. tetapi mungkin ini adalah Linux pada 3 atau 4 tahun lalu.Sejak adanya X Windows yang memberikan GUI dan juga pilihan bahasa yang lengkap,pengisntalan linux sudah tidak susah lagi.

b.Linux Multitasking. Linux dapat menjalankanbeberapa aplikasi dalam waktu yang sama dan masing masing aplikasi juga dapat melakukan beberapa pekerjaaan dalam waktu yang saa(multithreading).

c.Linux Fleksibel. Linux tidak peduli apabila dipakai bukan dengan komputer terhebat di pasaran. Ia berjalan dengan baik dengan apapun merk komputer,tidak memandang spek komputer,membuatnya banyak digunakan,selain ringan,banyak fitur fitur yang tak kalah menarik yang disediakan oleh Linux.

d.Linux Kompatibel. Linux dapat dijalankan di berbagai jenis komputer seperti 386/486/Pentium PC,Macintosh,dan PowerPC bahkan komputer Alpha dan SPARC. Linux juga mampu menangani multiprosessor dan mampu menangani video yang berat berat ukuranya,seperti format avi,walaupun komputer anda spek nya rendah,dengan menggunakan Linux.

Bagaimana sobat blogger?,tertarik tidak untuk mencoba instalasi laptop anda dengan Linux?,caranya instalnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan,sebenarnya sama saja seperti menginstal sistem operasi yang lain.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
10 December 2013 at 07:59 ×

sampai saat ini saya belum paham mas tentang linux. Saya masih setia sama windows aja :)

Reply
avatar
Unknown
admin
10 December 2013 at 22:20 ×

Lebih baik menggunakan sistem operasi yang kita mengerti saja mbak,itu sudah lebih baik kok,daripada memakai sistem operasi yang kita sendiri tidak terbiasa menggunakanya.. :D

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon