Daerah wisata yang paling sering dikunjungi di yogyakarta

Yogyakarta,merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan ke khas-an nya. Yaitu nuansa tradisional yang masih kental hingga sekarang dan tidak berubah dari zaman ke zaman. Kesederhanaan kota Yogyakarta ini membuat beberapa monumen monumen penting di pertahankan sebagai sejarah dan objek wisata bagi masyarakat. Selain itu juga kota Jogja ini memiliki jumlah mahasiswa dari berbagai penjuru di Indonesia yang sangat banyak. Oleh karena itu dari zaman dahulu,jogja dikatakan sebagai kota pendidikan. Ada beberapa tempat yang sangat terkenal dan paling sering dikunjungi oleh para rantau dan anak kos. Diantaranya Taman sari,Alun alun utara dan selatan,Candi Prambanan,Borobudur,pantai parangritis,Malioboro,Tugu dan masih banyak lainya lagi.

Beberapa objek wisata ini merupakan yang paling banyak dan paling sering di kunjungi oleh wisatawan :

1.Taman sari
taman sari

Daerah wisata taman sari ini memiliki keunikan tersendiri,gambar diatas dahulunya merupakan tempat para selir raja dimandikan,dimana selir selir tersebut merupakan istri dari raja keraton di Jogjakarta. Adapun 200 tahun yang lalu air di taman sari ini sangatlah jernih,sampai para selir raja pun sering menggunakan air di dalam kolam tersebut untuk berkaca. Namun karena saat ini bangunan dan kolam dirawat dengan seadanya,air tersebut tidak jernih lagi seperti dahulu.

Taman Sari di Yogyakarta pertama kali didirikan pada tahun 1758 dan ide awalnya adalah dari Pangeran Mangkubumi (kemudian bergelar Hamengku Buwono I) dan juga Raden Ronggo Prawirosentiko (Bupati Madiun) sebagai arsiteknya, dan Demang Tegis (asli orang Portugis yang mendapatkan gelar dari kerajaan) sebagai tenaga ahli strukturnya.

Informasi untuk sobat sobat traveler,yang jika ada kesempatan mampir saja ke daerah ini,berikut rincianya :
  • Jam Buka : Senin - Minggu, pukul 09.00 - 15.30 WIB
  • Wisatawan Domestik : Rp 3.000
  • Wisatawan Mancanegara : Rp 7.000
  • Tour Guide / Pemandu : nego (Rp 10.000 - Rp 20.000)

2.Alun alun utara dan selatan

alun alun selatan jogja

Alun-alun Kidul, atau biasa disingkat Alkid merupakan tanah lapang dibelakang kompleks kraton. Sesuai namanya, Alkid berada di sisi paling selatan kompleks kraton Ngayogyakarta. Alkid masuk dalam kecamatan Keraton, kota Yogyakarta. Seperti alun-alun pada umumnya, Alkid berada di pusat kota. Jaraknya hanya 1 km dari kilometer nol Yogyakarta. Dari Malioboro dengan andong atau becak, Alkid dapat dicapai dalam lima belas menit saja. Dengan menggunakan bus umum, Alkid dapat diakses melalui jalur 5 dan turun di Plengkung Gading. Di alun alun kidul ini terdapat dua pohon beringin yang besar.menurut kepercayaan orang orang disana,barangsiapa yang bisa melewati ke dua beringin tersebut dengan tutup mata,maka keinginan atau harapanya akan terkabul,mitosnya sih gitu,tapi ane tidak terlalu percaya dengan tahayul seperti itu,yang membuat kita sukses itu adalah usaha dan ikhtiar dari diri sendiri,serta yang paling penting adalah izin dari Allah.

3.Candi Prambanan
Candi prambanan

Candi Prambanan merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Indonesia,khususnya kalangan masyarakat di Jogjakarta.Candi Prambanan terletak di desa Prambanan, Pulau Jawa, Kurang lebihnya jarak dengan Yogyakarta adalah sekitar 20 Km ke arah timur dan 40 Km Barat Surakarta  dan bisa juga berlokasikan 120 Km dari Kota Semarang.Candi Prambanan mempunyai lokasi yang unik, yakni terletak di antara dua perbatasan yakni Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Candi Prambanan sendiri sering terkadang bisa disebut Candi Rara Jonggrang dan terletak di desa Prambanan dan berwilayah di Sleman dan Klaten. 

Info untuk sobat traveler yang ingin oergi ke candi prambanan :
  • Open/buka dari pukul 06.00 – 17.00
  • Tiket masuk Lokal: RP. 30.000
  • Tiket masuk Asing :$20
4.Pantai parangritis

Teman teman traveler pasti pernah mendengar pantai parangritis ini bukan?,yak tepatnya pantai parangritis ini merupakan pantai yang terkenal sangat angker,dan mitos nya orang dilarang untuk menggunakan baju berwarna hijau,entah apa penyebabnya sehingga kita dilarang menggunakan baju hijau. Namun dibalik larangan tersebut,disana kita dimanjakan dengan fasilitasnya seperti penginapan,bukit yang indah,jasa becak untuk mengelilingi pantai,offroad,dan minibike. semuanya tersedia di pantai ini. Biasanya pantai banyak pengunjungnya saat libur libur hari besar atau libur umum. Pengunjung disana naik secara derastis dan tentunya orang orang yang berjualan disana memanfaatkan peluang yang ada tersebut.

Untuk info seputar pantai parangritis tahun 2013 sekitar Rp 3500,untuk pengunjung lokal,dan diperkirakan tahun 2014 harga tiket akan naik.
Nah sekian dulu postingan saya seputar daerah wisata di jogjakarta,semoga dapat bermanfaat khususnya bagi teman teman yang ingin pergi ke Jogjakarta 

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Mizz Aiza
admin
24 December 2013 at 16:37 ×

cantik sekali tempatnya.. tidak pernah lagi saya sampai di sana..

Reply
avatar
Unknown
admin
24 December 2013 at 19:31 ×

Kapan kapan mampir saja kesini mbak,,di jogja penghuninya ramah dan tamah kok :)

Reply
avatar
Unknown
admin
11 February 2014 at 05:02 ×

makasih buat tips nya boz...kunjunan balik ke web Q ya http://waroeng-adenia.96.lt/ FREE MUSIC, MOVIE, TV ONLINE, GAME ONLINE & CHAT ROOM

Reply
avatar
Unknown
admin
12 November 2014 at 01:42 ×

Terimakasih mbak atas kunjunganya :)

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon