Bencana alam yang mengawali awal tahun 2014

Bencana alam yang mengawali awal tahun 2014 - Bencana pada tahun 2014 ini memang sangat sering terjadi. Mengawali tahun 2014 saja. Indonesia di Landa beberapa bencana alam. Seperti Banjir,Tanah longsor,dan gempa bumi. Bencana tersebut tidak luput juga dari perbuatan manusia sendiri. Misalnya saja banjir. Mengapa ada banjir?,tidak lain karena banyaknya sampah di sungai dan saluran pembuangan yang seharusnya tidak boleh menjadi tempat pembuangan sampah. Meskipun berkali kali pemerintah telah mencanangkan larangan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,bahkan sampai di denda. Masih ada saja yang membuang sampah di sembarang tempat. Kesadaran kita untuk tidak membuang sampah sebenarnya ada dimana sih?. Apa masih kurang bencana yang telah dialami oleh negeri kita tercinta ini. Kembali lagi untuk kita masing masing,apakah kita sadar atau tidak dengan bencana yang ada.

Berikut beberapa review,bencana yang terjadi pada awal tahun 2014 :

1.Banjir Manado


Banjir Manado

Banjir bandang dan longsor yang terjadi di Sulawesi Utara telah menelan korban tewas sebanyak 16 orang. Pemda pun telah menyatakan Sulawesi Utara dalam status darurat banjir dan longsor. 

"(Korban tewas) enam di antaranya berada di Kota Manado, lima di Kota Tomohon, empat di Kota Minahasa, dan satu di Kabupaten Minahasa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, melalui layanan pesan singkat, Jumat (17/1/2014).

Selain korban tewas, Sutopo menyebutkan pula saat ini sekitar 4.000 orang mengungsi akibat banjir di wilayah tersebut. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Utara, setidaknya seribu orang terisolasi dan seorang mengalami luka berat akibat banjir dan longsor. Data BPBD Sulawesi Utara mencatat pula sekurangnya 1.000 rumah diperkirakan rusak.(Sumber : http://regional.kompas.com/)

2.Gempa Jawa tengah
Gempa kebumen

Gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter (SR) terjadi pada pukul 12.14, Sabtu (25/1/2014), dengan kedalaman 48 kilometer dan 104 kilometer barat daya Kebumen, Jawa Tengah, tepatnya di 8,48 lintang selatan, 109,17 bujur timur. Demikian seperti dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Sabtu siang.(Sumber : Kompas.com)

masjjid runtuh di kebumen

Gempa,di Kebumen ini menyebabkan sebuah masjid runtuh dan beberapa rumah ambruk,karena bencana tersebut ditaksir kerugian yang di capai sekitar 2 Miliar rupiah. Wah lumayan banyak juga sih kalo dihitung untuk sebuah pembangunan sebuah desa/kota.

3.Puting beliung di Pringsewu-Lampung


Puting beliung lampung

Angin kencang dan hujan deras melanda wilayah Lampung pada awal Januari 2014. Angin puting beliung tersebut mengakibatkan sejumlah rumah di berbagai daerah, roboh. Hujan deras juga mengakibatkan meluapnya sungai-sungai sehingga ratusan rumah warga kebanjiran.

Pada Senin (6/1) sekitar pukul 17.00, angin puting beliung melanda dua dusun di Desa Rajabasainduk, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur. Pusaran angin selama 3 menit yang menyertai hujan deras sejak pukul 15.00 itu memporak-porandakan sembilan rumah dan satu musala.

Angin putting beliung juga menerjang Pekon Tulungagung dan Pekon Tegalsari di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, pada Senin (6/1) pukul 15.00. Sebanyak 22 rumah rusak berat akibat materialnya diterbangkan angina atau tertimpa pohon roboh. Dua orang juga menjadi korban tertimpa pohon saat sedang mengendarai sepeda motor.

Sementara itu, banjir merendam kawasan Kampung Bugis dan Kampung Palembang di Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang. Ratusan rumah yang berada di bantaran Way (Sungai) Tulangbawang pun kena terjang banjir.


Sedangkan di Bandarlampung, sebuah pohon besar setinggi 50 meter tumbang dan menimpa sejumlah rumah di Jalan Hasanudin, Kupangteba, Telukbetung Selatan, Bandarlampung pada Selasa (7/1) pukul 4.45 WIB. Sebanyak 10 orang terluka dan harus dibawa ke rumah sakit karena tertimpa reruntuhan rumah yang roboh akibat dihantam pohon berusia ratusan tahun tersebut.(sumber : http://lampung.tribunnews.com/).

Demikianlah,beberapa bencana alam yang mengawali tahun 2014 ini. Kita sebagai masyarakat harusnya waspada dan selalu siaga jika ada bencana alam yang terjadi saat ini,karena bencana itu nggak pake ngasitau lho,hehehehe..


Previous
Next Post »

10 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
28 January 2014 at 07:07 ×

Semoga menjadi pelajaran dan peringatan buat kita, dan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk memiliki persiapan yang matang dalam penanganan setiap bencana.. Aamiin

Reply
avatar
Unknown
admin
29 January 2014 at 01:19 ×

Aminn,dan semoga juga kita dijauhkan dari bencana alam di tahun ini :)

Reply
avatar
Fazri
admin
29 January 2014 at 01:54 ×

cobaan demi cobaan selalu terjadi ya, semoga kita semua di beri kesabaran :)

Reply
avatar
tes
admin
30 January 2014 at 02:55 ×

Mungkin tuhan mulai bosan melihat tingkah kita.
Yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa..

# Ebiet G ade.. :D

Reply
avatar
Unknown
admin
30 January 2014 at 20:07 ×

Wah jadi nyanyi gan,,iya nih negara kita patutnya kita tanyain sama rumput yang bergoyang.

Reply
avatar
13 February 2014 at 05:22 ×

banyak sekali ya mas bencana musim ujan ini di indonesia :)
semoga ke depan nggak ada bencana lagi :)

Reply
avatar
Unknown
admin
14 February 2014 at 02:45 ×

Iya mbak,ditambah lagi sekarang,negara kita berduka atas meletusnya gunung kelud :(

Reply
avatar
11 December 2014 at 07:12 ×

kita juga perlu intropeksi diri apa yang sudah kita lakukan kepada alam , semoga kita tersadar bukan hanya mengetahui akan bahaya yang kita lakukan tapi sadar apa yang akan kita lakukan nanti.

Reply
avatar
Unknown
admin
6 January 2015 at 00:25 ×

Iya gan,kita sebagai manusia harusnya sadar,dengan adanya bencana ini,itu artinya tuhan memberikan kita cobaan..

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon