Cara instal ubuntu atau linux menggunakan virtualbox


Virtualbox-1
Virtualbox
  Salam hangat sobat blogger,bertemu lagi dengan admin Capunkshare,kali ini saya akan posting untuk menginstal Ubuntu ataupun linux secara virtual,tanpa melalui booting.menginstal linux ini tidak terlalu membutuhkan space(ruang) hardisk yang cukup banyak,jadi kita tidak perlu mempartisi hardisk lagi untuk menyediakan ruang untuk booting linux nya.Software Virtualbox ini memiliki kemiripan dengan Vmware,akan tetapi kekurangan dari Vmware adalah tidak bisanya untuk menginstal ubuntu dan Mac OS. Yah begitulah tiap tiap software ada kekurangan dan kelebihanya sob.
    Nah,sekarang masuk ke langkah langkahnya,cekidot.
1.Buka Software Virtualbox.
2.Klik New pada samping kiri atas.

new virtual drive

3.Setelah itu pilihlah sistem operasi yang akan anda inginkan untuk di instal secara virtual dengan virtualbox.

Sistem operasi VB


4.Misalnya jika mengisntal backtrack maka pada type pilih linux dan version nya pilihlah other linux,karena pada menu tidak tersedia distro backtrack pada virtualbox,setelah itu klik next.
nama sistem operasi
5.Pilih memory size,pada software telah direkomendasikan 256 Mb,namun untuk mengurangi resiko lamban atau ngelag pada sistem operasi anda,pilih 512 Mb,setelah itu klik next.Memori size
6.Setelah itu,ada 3 pilihan pada option yaitu :
-Do not create virtual hard drive.
-Create an virtual hard drive
-Use an exiting virtual hard drive file
Pilihlah Create a virtual hard drive untuk membuat drive virtual,dan create.
Create virtual drive
7.Pilih VDI(Virtual Disk Image),dan pilih next.

 Virtual disk image
8.Kemudian pilih dynamic allocated,agar kita bisa sewaktu waktu mengubah tempat booting sistem operasi yang akan di instal.
Dinamic allocated

9.Pilihlah dimana anda akan meletakkan folder yang berformat ISO untuk sistem operasinya,klik icon folder untuk mencari drive tempat anda mengisntalnya,dan pilih create.


10.Setelah itu jalankan linux dengan klik kanan pada backtrack yang telah anda buat tadi,dan pilih start untuk memulai proses instalasi.
11.Akan keluar tampilan awal untuk instalasi ubuntu seperti ini,pilih bahasa,tersedia juga bahasa indonesia,karena ubuntu yang saya instal ini merupakan ubuntu yang terbaru,setelah itu Instal ubuntu.
Tampilan awal ubuntu

12.Setelah itu akan muncul tulisan dibutuhkan 5,3 GB free space,kita tinggal mencentang instal third party software,dan continue.
Prepare ubuntu

13.Pilih tipe instalasi,dan centang something else,agar ubuntu yang anda instal tidak tertimpa dengan ubuntu sebelumnya.
Instalation tipe
14.Setelah itu,anda tinggal mengklik next atau continue,dan anda akan berhasil mengistal ubuntu pada virtualbox.
Instalasi sukses

Nah,proses instalasi selesai,ubuntu virtual anda siap untuk digunakan,jadi untuk mengurangi resiko kegagalan instalasi sistem operasi,saran saya anda lebih baik menggunakan virtualbox atau vmware. 


Previous
Next Post »

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon