3 Sifat Wajib yang harus dimiliki oleh seorang Smart Enterpreneur

1.Sikap Mental Positif

Menurut Profesor Edwood Chapman,sikap mental adalah cara mengkomunikasikan atau mengekspresikan suasana hati atau watak kepada orang lain. Jika eksprei kita kepada orang lain positif, maka kita disebut orang yang bersikap mental positif. Sebaliknya,jika ekpresi kita kepada orang lain negatif,kita disebut orang yang bersikap mental negatif,sehingga orang lain cenderung untuk menjauh dari kita,karena mereka merasa tidak nyaman dengan keadaan kita.

Sikap Mental Positif mendorong kita untuk mencapai tujuan dengan gigih. Ketika kita jatuh terperosok,kita masih dapat mengatakan "Ah ini cuma kesandung batu  kecil.Tujuan kita belum tercapai". Kita pun mampu bangkit kembali. Seperti Soichiro Honda tetap bersikap mental positif ketika piston berbentuk cincin buatanya ditolak oleh Toyota dan ditertawakan para teknisi. Setelah bertahan dua tahun dan memperbaiki kelemahan piston tersebut,akhirnya Toyota mau menerimanya. Bahkan,ketika pabriknya di bom dua kali dan dihancurkan gempa bumi,ia tetap bersikap mental positif dalam meraih cita citanya untuk mempunyai pabrik.

Sikap mental positif mendorong kita untuk menjadi lebih kreatif.Setiap saat terjadi hal hal yang tidak kita inginkan,dengan sikap mental positif,kita masih dapat menanggapinya dengan mencari suatu hikmah dibaliknya secara kreatif.

Seiciro Honda
Seiciro Honda


2.Menjaga Kreatifitas 

Enterpreneur merupakan orang yang menanggapi setiap perubahan lingkungan secara kreatif dan inovatif. Baginya,lingkungan  macam apa pun tidak menimbulkan masalah,termasuk saat terjadi krisis. Dengan demikian,di balik timbulnya kesulitan atau ancaman,terdapat pula peluang yang menjanjikan. Kreativitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru,sedangkan inovasi merupakan aplikasi dari gagasan ide tersebut.

Kita semua sesungguhnya merupakan makhluk kreatif,tetapi karena kreativitas ini jarang di praktikkan dengan rutin,ia menjadi lumpuh. Hal ini serupa dengan otot otot seorang yang tidak pernah dilatih. 

3.Teknik Mencipta Ide:Minimasi

Teknik minimasi dapat bermakna pengecilan dalam hal waktu. Honda meraih sukses dengan menggunakan teknik minimasi dalam hal fisik ketika memasuki pasar Amerika serikat. Pada saat itu di amerika serikat,sepeda motor yang ada adalah sepeda motor besar 250cc dan 350 cc.Awalnya  Honda mencoba membuat sepeda motor besar,tetapi mengalami kegagalan.

Berikut merupakan contoh salah satu dari hasil kerja keras seorang Seiciro Honda/pencipta Honda coorporation.
Honda 50 cc

Honda 350 cc


Akhirnya,Honda menggunakan teknik minimasi dengan membuat sepeda motor 50cc yang disebut Supercup. yang mengawali kesuksesan Honda. Dalam jangka hanya 5 tahun,satu diantara dua sepeda motor diatas laku di pasaran Amerika serikat.


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
26 October 2013 at 10:47 ×

Tambah gan motivasi yang tinggi :D

Berkunjung dan komen balik ya gan http://yudakur.blogspot.com/

Reply
avatar
Unknown
admin
26 October 2013 at 11:42 ×

Sip gan,,terima kasih atas kunjunganya..

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon