Bahaya wadah makanan yang belum dicuci bersih

Selamat malam sahabat capunkshare tentunya kita semua tahu agar tubuh kita sehat,maka dibutuhkan pula makanan yang sehat dan bebas dari bakteri. Nah kali ini saya akan share beberapa bahaya makanan yang wadahnya belum dicuci bersih. Misalnya saja piringnya. Piring yang tidak hiegenis tentunya akan membuat yang memakanya tidak sehat. Ini biasanya kita temui di Burjo burjo setempat atau angkringan setempat.

Saya sendiri di daerah jogja,sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Burjo dan angkringan ini. Dari pertama kali menginjakkan kaki di kota Istimewa(Yogyakarta),saya sudah diperkenalkan dengan Burjo dan angkringan. Bagaimana tidak burjo dan angkringan jumlahnya sangat banyak disini. Di setiap gang,Jalan maupun di dalam perumahan. Anda dapat menemui Burjo ataupun Angkringan disana.

Tahukah anda?,ternyata Para peneliti dari Ohio State University menemukan bahwa kuman penyebab keracunan makanan yang bernama norovirus tidak dapat dibasmi hanya dengan mencuci piring atau wadah makanan. Virus ini ternyata lebih bandel ketimbang bakteri-bakteri atau kebanyakan kuman lainnya.

Peneliti melakukan pengujian pada piring keramik, gelas minum dan garpu stainless steel. Ketiga perkakas tersebut lalu diolesi dengan krim keju dan susu rendah lemak, bahan makanan yang memang agak sulit dibersihkan.

Alat tersebut ada yang dicuci dengan tangan dan ada yang menggunakan mesin cuci piring, menggunakan air keran, natrium hipoklorit dan surfaktan, sama seperti bahan yang digunakan di restoran. Pada banyak kasus, kontaminasi norovirus, Escherichia coli K-12 dan innocua Listeria adalah yang paling sering memicu keracunan makanan.
Angkringan
Burjo

Ternyata, bakteri E. coli dan listeria dapat dibersihkan, tetapi norovirus tidak. Kuman norovirus hanya berkurang sedikit jumlahnya setelah dicuci. Walau mesin pencuci piring dapat lebih ampuh membersihkan, ternyata kemampuannya masih belum cukup mengusir norovirus.

Dalam waktu seminggu terakhir, telah dilaporkan 167 kasus penyakit gastrointestinal akibat keracunan makanan. Hasil investigasi menunjukkan bahwa penyakit ini berasal dari restoran Golden Corral, restoran prasmanan yang baru dibuka 1 bulan sebelum wabah menyebar.

Salah satu korban keracunan yang sempat makan di sana bersama keluarganya mengatakan bahwa ia melihat hidangan disajikan di atas piring kotor, namun mereka tetap menyantap makanannya. Seorang karyawan memberitahunya bahwa mesin cuci piring sedang tidak berfungsi.

Ternyata Bukan hanya kehiegenisan makanan saja yang harus kita perhatikan,wadahnya pun harus kita perhatikan,karena jika kuman atau bakteri masih menempel pada piring yang kita makan,maka di dalam tubuh sistem imun akan melemah dan dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti keracunan.

Hal ini patut diwaspadai,terutama para Mahasiswa yang gemar makan di Burjo atau Angkringan. Saya disini tidak melarang anda semua lho untuk ke angkringan atau Burjo,tapi alangkah baiknya jika kita memperhatikan kehiegenisan dari Burjo ataupun Angkringan. Karena kebanyakan Pedagang di Burjo tidak memperhatikan Kesehatan pelanggan. Mereka tidak memikirkan dampak jika pelanggan nya memakan nasi dari piring yang tidak hiegenis.


Previous
Next Post »

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon