Daerah wisata Batu payung di Lombok

Daerah wisata Batu payung di Lombok - Daerah wisata ini sekarang lagi hangat hangatnya di perbincangkan. Mungkin anda pernah lihat pembuatan iklan rokok dunhill seperti gambar ini :

Iklan rokok dunhill

Di dalam iklan ini terlihat seorang pria sedang survive bertahan hidup di pantai dengan mengandalkan ikan laut sebagai makananya. Dapat kita lihat juga pada iklan tv diatas ada batu besar,yang dinamakan batu payung. Awalnya saya mengira settingan tempatnya itu di luar negeri. Tapi ternyata ada di Lombok,yaitu Batu payung. 

Pembicaraan tentang lokasi dimana pembuatan tayangan iklan yang sangat indah dan menakjubkan itupun menjadi perbincangan yang cukup hangat di berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twiter, Blackberry Masanger, Yahoo Masanger, dan lainnya.

Objek wisata di Lombok kini memang mengalami kemajuan pesat,sejak pemerintah mencanangkan visit Lombok-Sumbawa. Dan hasilnya usaha pemerintah untuk promosi besar besaran ini menarik pengunjung lokal dari Indonesia,maupun luar negeri yang melihat keindahan batu payung ini.

Wisata batu payung di lombok

Hanya dalam waktu yang singkat, informasi tentang keberadaan “Batu Payung” yang terletak di pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah bagian selatan itu tersebar melalui jaringan internet ke berbagai belahan dunia.

Akibatnya, kini “Batu Payung” banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal, domestik, maupun mancanegara. “Berkali-kali saya berwisata ke pantai Tanjung Aan, tetapi saya tidak pernah berkunjung ke Batu Payung. Karena meskipun masih dalam satu kawasan dengan pantai Tanjung Aan, letaknya masih jauh, dan harus menyusuri pinggiran pantai berpasir, mendaki bukit, dan melewati pinggiran tebing yang terletak persis di pinggiran pantai,” kata Ria Setyani, salah satu warga Perumnas, Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, yang bersama temannya Ida Zulaeha, dijumpai penulis sedang berfoto di sekitar Batu Payung.

Tapi setelah melihat tayangan iklan di televisi lanjut Ria, dia menjadi penasaran, dan akhirnya niat berkunjung ke Batu Payung.

Rasa penasaran juga dialami Yoyok Handoyo, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta, yang juga salah satu anggota club fotografer di Kota Pelajar (nama julukan bagi Yogyakarta) tersebut.

“Begitu melihat tayangan iklan di televisi, saya langsung searching di google dengan kata-kata kunci mulai dari kata “batu patung”, “batu jamur”, “batu tugu”, dan lainnya. Pencarian saya akhirnya membuahkan hasil ketika saya mengetik “batu payung”, dan muncullah berbagai keterangan tentang destinasi wisata yang ternyata ada di pulau Lombok ini,” ujarnya ketika berbincang dengan penulis.

Tanpa menunggu lama, begitu ada kesempatan liburan, dia segera berkunjung ke Lombok, dengan misi utama selain berwisata, juga hendak mengabadikan keindahan Batu Payung.

“Inilah hasil foto-foto yang saya ambil dari berbagai sisi. Ada yang terlihat seperti gambar patung kepala manusia, gambar payung, atau cendawan, dan lainnya. Apalagi dibelakang Batu Payung juga terlihat panorama alam yang sangat cantik, ada pulau kecilnya, ombak bergulung-gulung, tebing, cipratan air di atas bebatuan, dan lainnya. Pokoknya semua gambar Batu Payung ini sangat menakjubkan,” ujar Yoyok seraya memperlihatkan foto di screen kameranya.

Sebelum menjadi iklan produsen rokok, dan ditayangkan di berbagai televisi, keberadaan Batu Payung tidak begitu di kenal oleh para wisatawan, bahkan warga Lombok sekalipun jarang yang mendengar. Hal ini wajar, karena untuk mencapai lokasi Batu Payung masih terbilang sulit.

Dari Pantai Tanjung Aan, pengunjung harus berjalan ke arah timur sekitar 1 jam, menyusuri pantai berpasir merica, kemudian mendaki bukit, dan turun kembali ke pantai untuk menyusuri batu-batu di bawah tebing yang berbatasan langsung dengan air laut, dimana kalau air laut sedang pasang maka jalan ini juga tidak bisa dilalui.

“Biasanya, jalur ini sangat disukai oleh para penghobi fotografi, karena medan yang dilalui menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah,” kata Hadis Sapta, fotografer dari Mataram yang sering hunting (berburu) gambar di Batu Payung.

Kalau tidak ingin berlelah-lelah jalan kaki lanjut Hadis, di pantai Tanjung Aan juga tersedia fasilitas perahu motor milik warga lokal yang siap mengantarkan para wisatawan berkunjung ke Batu Payung, dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit saja.

“Biayanya lumayan mahal, carter bolak-balik Tanjung Aan – Batu Payung harganya sekitar Rp.150 ribu hingga Rp.200 ribu, tergantung kepintaran menawar. Saran saya, sebaiknya pergi rombongan (maksimal 10 orang) agar biaya bisa ditanggulangi bersama, sehingga murah,” saran Hadis.

Sebenarnya masih ada satu jalan lagi menuju ke Batu Payung yang jarang dilalui oleh para wisatawan, dan hanya diketahui oleh orang lokal, atau orang yang sering berkunjung ke Batu Payung saja, yaitu melalui pantai di Dusun Padau.

“Dusun nelayan ini berjarak sekitar 1 kilometer ke arah timur dari Tanjung Aan, melalui jalan beraspal, kemudian belok ke kanan menyusuri jalan tanah menuju perkampungan warga Dusun Padau yang terletak dipinggiran pantai. Parkir sepeda motor atau kendaraan roda empat di rumah-rumah penduduk. Dari lokasi ini, Batu Payung bisa dicapai hanya dengan waktu sekitar 25 menit saja berjalan kaki menyusuri pantai ke arah barat,” jelas Hadis seperti berbisik.

Benar saja, ketika penulis mencoba membuktikan, ternyata jalan menuju Batu Payung lebih dekat di capai dari pinggiran pantai di Dusun Padau.

“Sekarang banyak wisatawan yang berkunjung ke Batu Payung melalui Dusun Padau. Alhamdulillah, saya bisa memperoleh penghasilan lumayan dari jasa parkir kendaraan di halaman rumah saya,” ucap Inaq Tihal, warga Dusun Padau.

Berapa biaya parkir kendaraan yang dititipkan di rumah Inaq Tihal? “Saya tidak menentukan biaya parkir, seikhlasnya pemberi saja. Yang jelas, setiap hari ada saja pengunjung yang parkir di halaman rumah saya,” sahut Inaq (ibu) yang memiliki 7 anak ini merasa bersyukur.

Untuk diketahui, jarak dari Kota Mataram menuju Pantai Tanjung Aan (Batu Payung) sekitar 65 kilometer, dan bisa ditempuh sekitar 1 – 2 jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat, tergantung kecepatan.

Demikianlah postingan tentang Daerah wisata Batu payung di Lombok,semoga dapat bermanfaat bagi anda dan dapat menjadi refrensi untuk menentukan tujuan wisata liburan anda.


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
7 April 2014 at 01:14 ×

baru tahu kalau lokasi iklan adalah di lombok

Reply
avatar
Unknown
admin
9 April 2014 at 13:29 ×

Iya gan,ane juga baru baru perhatiin ternyata lokasinya di sekitaran lombok timur :D

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon