Bahaya abu vulkanik

Bahaya abu vulkanik -  Meletusnya gunung kelud pada hari Kamis 13 februari 2014,menyebabkan hujan abu vulkanik yang sangat menghawatirkan warga di sekitaran Jawa tengah,Jawa timur dan Yogyakarta. sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan juga Jawa Timur mengalami hujan abu Vulkanik. Erupsi Gunung Kelud sendiri telah mengeluarkan material 80 juta m3 abu dan pasir. Berikut merupakan salah satu korban abu vulkanik di Yogyakarta.

Korban abu vulkanik di yogyakarta
Korban abu vulkanik

Korban abu vulkanik sebuah motor kotor sekali
Motor yang terkena abu vulkanik
Dokter spesialis paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memaparkan, materi abu vulkanik ini sangat berpotensi membahayakan kesehatan, khususnya sistem pernapasan.Untuk menghindari efek buruk yang ditimbulkan, warga yang tinggal di sekitar wilayah hujan abu vulkanik sebaiknya tidak keluar rumah dulu, jangan terlalu banyak melakukan aktifitas di luar. Tapi kalau terpaksa, mereka wajib menggunakan masker atau kain penutup hidung.Bila seseorang menghirup abu vulkanik dalam jumlah yang besar dan waktu yang cukup lama,maka akan terjadi endapan dalam saluran pernafasan yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

Kalau sudah terjadi peradangan, biasanya seseorang akan mengeluarkan dahak yang banyak dan kotor. Kondisinya bisa semakin parah kalau abu vulkanik ini dihirup oleh orang-orang yang memang mempunyai masalah dengan paru-parunya, asma, atau penyakit saluran pernafasan lain.

Dokter spesialis paru paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia partikel abu vulkanik biasanya berukuran 3-5 mikron dan sangat memungkinkan untuk masuk ke saluran pernafasan hingga ke paru-paru. Hal ini, menurut dia, sangat membahayakan karena abu vulkanik tersebut juga mengandung kristal silika, yaitu salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kaca.

Adanya serpihan silika di paru-paru ini bisa mengurangi fungsi paru-paru, sehingga kekuatannya untuk bernafas jadi berkurang. Kondisi ini juga sering dialami oleh orang-orang yang bekerja di industri pembuatan kaca," terangnya.

Selain saluran pernafasan, bagian mata menurutnya juga harus terlindungi dari abu vulkanik karena bisa menyebabkan iritasi yang parah.Seperti pada saluran pernafasan, iritasi di bagian mata juga terjadi akibat adanya benda asing. Jadi sebaiknya menggunakan kaca mata, dan yang paling baik itu kaca mata untuk berenang karena bentuknya lebih rapat.

Demikianlah artikel Bahaya abu vulkanik semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,khususnya bagi korban abu vulkanik,di sekitaran Yogyakarta,jawa tengah,dan jawa timur semoga membaca artikel ini dan lebih berhati hati terhadap debu vulkanik tersebut.

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
tes
admin
16 February 2014 at 14:06 ×

Hha.. kita sama-sama korban yah erupsi kelud..
Sabar aja bro..
:D
Tidak ada bencana yang terjadi, kecuali atas izin Allah. Dan tidak ada sesuatu yang terjadi atas izin Allah, kecuali itu ada gunanya untuk Hamba-Nya. Percaya saja bhwa ini pasti ada hikmahnya.

Reply
avatar
Unknown
admin
17 February 2014 at 05:57 ×

Yeps,bener banget gan,bencana kelud tersebut juga merupakan kehendak Allah,jadi kita tidak boleh mengeluh dan harus selalu sabar atas apa yang diberikanya kepada Hamba-Nya :D

Reply
avatar
Mizz Aiza
admin
14 March 2014 at 19:53 ×

masya-Allah, habis motorcycle itu diliputi oleh abu vulkanik.. di seluruh dunia kini sedang dilanda bencana alam.. kalau di indonesia gunung berapi meletus.. di malaysia kini musim kemarau (tidak hujan) dan masalah jerebu (kabut) yang serius.. ditambah pula dengan misteri kehilangan pesawat yang masih belum ditemui.. semoga Allah tabahkan hati kita semua untuk menghadapi dugaan ini..

Reply
avatar
Unknown
admin
15 March 2014 at 06:02 ×

iya mbak,itu semua mungkin peringatan Allah kepada kita agar kita semua sadar,betapa kecilnya manusia di hadapan-NYA..

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon