Hal hal dasar yang perlu dipelajari dalam HTML

Belajar HTML dasar

Hal hal dasar yang perlu dipelajari dalam HTML- HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Languange. HTML sangat sering digunakan untuk membuat web maupun template,karena sifatnya yang mudah dipelajari dan familiar.Untuk pembuatan template pertama tama kita harus membuat kode dengan awalan <HTML>Konten Web anda</HTML> . Mengapa demikian?,karena setiap konten harus diawali dengan tanda <> dan diakhiri dengan tanda </>.

Adapun beberapa langkah langkah dasar yang harus ada dalam membuat web dengan HTML :
1.Membuat Header.
<HTML><BODY>
<H1>Header level 1</H1>
<H2>Header level 2</H2>
<H3>Header level 3</H3>
<H4>Header level 4</H4>
<H5>Header level 5</H5>
<H6>Header level 6</H6>
<HTML><BODY> 
Header adalah huruf-huruf berukuran khusus yang digunakan untuk menuliskan judul bab atau sub bab. Ada enam tingkatan header mulai dari H1 hingga H6. H1 adalah header yang paling besar dan H6 adalah header yang paling kecil.

2.Warna Background/Latar
Untuk menambahkan warna latar untuk blog anda,anda dapat mencoba kode dibawah ini :
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Capunkshare</TITLE>
</HEAD>
<BODY BGCOLOR="#FCF122" TEXT="#090904">
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
</BODY>
</HTML>
Keterangan : Body bg color dapat diganti menggunakan kode warna,begitu juga dengan tect nya,untuk melihat kode warna anda dapat melihat disini.

Jika sudah,simpan script tersebut di notepad dan berikan nama file dengan akhiran (Namafileanda.html). Kemudian buka pada browser anda,maka tampilanya akan seperti ini.

Cara ganti background dengan HTML 

3.Mengetahui Efek  tulisan tulisan yang dibuat
Ada beberapa macam efek tulisan diantaranya seperti garis bawah (U),tebal(B atau Strong),miring(I),dan masih banyak yang lainya.Misalnya seperti ini  :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Tipe-tipe Teks</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Ada tiga macam tipe tulisan yang paling sering digunakan dalam penulisan dokumen apa saja. Ketiga tipe tersebut ialah tulisan <B>tebal</B>, tulisan <I>miring</I> dan tulisan <U>bergaris bawah</U>. Bisa pula dua tipe huruf dipadukan misalnya tulisan <B><I>tebal dan miring</B></I>, tulisan <B><U>tebal dan bergaris bawah</B></U> atau tulisan <I><U>miring dan bergaris bawah</I></U>. Bahkan bisa pula ketiga tipe tulisan tersebut sekaligus bergabung menjadi satu berupa tulisan <B><I><U>tebal, miring dan bergaris bawah</B></I></U>.
</BODY>
</HTML>
4.Membuat Tag
Tag Merupakan teks khusus (markup) yang terdiri dari dua karakter yaitu karakter "<" dan  karakter ">",  sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
 Secara Umum tag ditulis secara berpasangan contoh tag <body> biasanya diakhiri dengan tag penutup </body> (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<")  sehingga informasi yang diberikan didalam tag <body> berada sebelum ditutup dengan </body> .

5.Membuat Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:
<title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML.Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML </title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML,Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML,  tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.

Contoh penulisan tag-tag yang benar:
<p>
<b> Informasi yang di bold </b>
</p>

Contoh yang salah  :
<p>
<b> Informasi yang di bold </p>
</b>

Demikianlah Hal hal dasar yang perlu dipelajari dalam HTML,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel menarik lainya Ujian Nasional dipersulit pada tahun 2014.



Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
tes
admin
9 March 2014 at 00:30 ×

Keren nih bro..
Pemanasan mata kuliah Web Programming.

Reply
avatar
Unknown
admin
9 March 2014 at 03:03 ×

Iya bro,artikel diatas tadi adalah dasar dasar yang harus kita ketahui sebelum kita menggeluti dunia pemrograman web :D

Reply
avatar

Aturan Berkomentar Di Blog Capunkshare :
1.Dilarang Keras Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar,Jika Tidak Komentar Akan Dihapus!
2.Berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas
ConversionConversion EmoticonEmoticon